Mitos tentang gerhana bulan

Mitos tentang  gerhana bulan darah
Jika terjadi gerhana bulan darah maka tanda akan munculnya raksasa. Mitos yang satu ini beredar di masyarakat jawa dari suku jawa kuno, Peristiwa munculnya gerhana bulan merah adalah saat-saat yang mencekam dimana gerhana bulan darah adalah sebuah pertanda bahwa raksasa buto kala memakan bulan dan mereka juga percaya bahwa saat terjadinya gerhana tersebut akan muncul buto kala yang mencari manga dari golongan manusia khususnya bayi. Biasanya orang-orang jaman dulu nih yang menceritakan mitos ini kepada anak-anaknya. Kalau sekarang sudah jarang 0rang mempercayai cerita seperti ini tapi masih ada juga sebagian orang yang mempercayainya.
 Mitosnya tidak hanya sampai di situ saja ternyata, bahkan ada cara untuk mengusir raksasa tersebut. Biasanya masyarakat keluar dan menabuh tempat untuk menumbuk padi, atau dalam bahasa Jawa disebut lumpang. Selain itu, ada juga mitos lainnya, para wanita hamil harus mengolesi perutnya dengan abu sisa pembakaran di dapur. Tujuannya, agar anaknya tidak dimakan atau biar tidak mirip raksasa buto.

Mitos (bahasa Yunani: μῦθος— mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Seperti pengertian mitos maka mitos  gerhana bulan darah termasuk dalam kategori cerita rakyat.



Daftar Pustaka
http://www.satujam.com/gerhana-bulan-merah/ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOTEKNLOGI GOLDEN RICE

OBESRVASI DAN WAWANCARA DI SLB NEGRI 02 JAKARTA

dampak negatif IPTEK bagi Budaya