dampak negatif IPTEK bagi Budaya

Dampak Negatif Perkembangan IPTEK bagi Kehidupan Budaya

 Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
 kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan. Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan pesat dalam kehidupan manusia.
Berikut adalah beberapa dampak negative dari perkembangan IPTEK terhadap budaya :
1.       Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani.
2.       Adanya perubahan tata nilai kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, di Indonesia yang tata cara berpakaiannya sopan sekarang banyak mencontoh barat yang tata cara berpakaiannya cenderung minim.
3.      Global warming; Pengalihan kinerja manusia ke mesin menyebabkan polusi udara sehingga memperparah pemanasan global.
4.      Adanya kekhawatiran terhadap senjata kimia dan nuklir. Dengan adanya teknologi, manusia dapat menciptakan senjata dari kimia dan nuklir, tetapi dalam prakteknya banyak negara maju yang menyalahgunakan senjata ini untuk kepentingan negara mereka.
5.      .Meningkatnya kenakalan remaja dan kriminalitas. Dengan adanya iptek, informasi bisa diperoleh dari manapun dan kapanpun. Akan tetapi karena bebasnya informasi tersebut, remaja dapat mengakses konten yang berbau kekerasan dan kriminalitas sehingga jiwa remaja yang labil pun mempraktekkannya.

              Jadi pada dasarnya, penemuan teknologi telah membawa perubahan yang begitu cepat dalam kehidupan masyarakat.  Perubahan itu antara lain cara orang bekerja, gaya hidup, dan tata nilai masyarakat. Berbagai penemuan dan penerapan teknologi telah membuka fase industrialisasi. Teknologi dan industrialisasi cenderung mempercepat tempo kehidupan, pengangkutan serba cepat, dan komunikasi secepat kilat. Perkembangan industri dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja.
 Tetapi juga memunculkan kesenjangan sosial di masyarakat. Munculnya kelompok masyarakat pemilik modal yang kaya bahkan menjadi konglomerat, tetapi juga ada kelompok masyarakat yang tidak memiliki ketrampilan. Mereka yang tidak menguasai teknologi akan semakin ketinggalan dan hidup miskin.Terjadilah jurang perbedaan yang begitu dalam antara si kaya dan si miskin. Hal ini dapat mendorong kecemburuan sosial dan kerawanan keamanan. Sebagai contoh kecil, melalui kemajuan IPTEK, banyak pula terciptanya gadget yang semakin canggih. Semakin banyak pula aplikasi sosial media ( dunia maya ) yang digemari manusia khususnya remaja saat ini. Sebagian besar remaja saat ini mempunyai berbagai jenis sosial media seperti FB, twitter, Path, Instagram dan lainnya. Memang tidak dipungkiri melalui kemajuan teknologi dan adanya sosial media ini, kita menjadi lebih maju mengetahui perkembangan dunia, dapat menemukan teman/keluarga/rekan dan melalui sosial media ini dapat melakukan usaha (online shop). Tetapi tidak dipungkiri, kejahatan banyak dilakukan melalui kemajuan teknologi ini. Adanya pergaulan bebas, penculikan, bahkan penjualan remaja terjadi melalui adanya sosial media dan kemajuan teknologi.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOTEKNLOGI GOLDEN RICE

OBESRVASI DAN WAWANCARA DI SLB NEGRI 02 JAKARTA